Mendesain Tampilan Template Blog

Mendesain tampilan template blog adalah salah satu cara untuk mempercantik tampilan blog Anda agar para pengunjung betah melihat tampilan blog Anda.
Cara Mendesain Tampilan Template Blog:
Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mempercantik tampilan blog adalah dengan mengklik menu Template kemudian klik Sesuaikan seperti pada gambar dibawah ini.
Kemudian akan muncul tampilan seperti ini.
Pada menu Template designer pilihlah template berlatar warna putih atau warna warna muda seperti template Simple, template picture Windows, atau template lain kecuali template tampilan dinamis karena memiliki performa yang kurang bagus.
Menu selanjutnya adalah background.
Pada menu ini Anda bisa memilih background/latar belakang tampilan blog. Anda juga bisa mengupload gambar latar atau foto dengan cara mengklik Upload image.
Jika sudah memilih salah satu background maka klik Selesai.
Menu selanjutnya yaitu Adjust widths.
Pada menu ini Anda bisa mengatur lebar ukuran blog, atau lebar ukuran sisi/sidebar blog, tinggal digeser kekiri atau kekanan saja. Ukuran lebar blog bisa disesuaikan dengan konten blog Anda. Ukuran yang cukup optimal yaitu lebar Entire blog pada 980 (lebih dari 1000px tidak direkomendasikan), dan lebar Right sidebar setting pada 330.
Menu selanjutnya adalah menu Tata letak
Pada menu ini Anda bisa memilih kolom blog, misalnya mau 1 kolom, 2 kolom, atau 3 kolom. Saya sangat menyarankan Anda menggunakan 2 kolom saja karena menurut saya tata letak 2 kolom selalu berperforma lebih baik.
Menu selanjutnya yaitu Advanced
Menu Advanced ini merupakan menu yang berfungsi untuk mengatur tampilan blog secara lebih detail lagi. Pada menu ini Anda dapat mengatur warna tampilan blog, mengatur ukuran dan jenis text pada blog, mengatur warna background halaman blog, warna background header blog, mengatur warna link, mengatur warna teks, dan lain lain yang bisa Anda coba sendiri.
Salah satu hal yang penting pada setting menu Advanced ini yaitu setting warna Link.
Untuk pemilihan warna tampilan blog lainnya pilihlah warna yang sesuai dengan warna template blog Anda. Jika Anda telah selesai mengatur semua pengaturan jangan lupa untuk mengklik Aply to blog yang ada pada sudut kanan atas. Dan jika Anda ingin melihat tampilan yang sudah anda setting anfa bisa mengklik View blog. Jika semua telah selesai klik Back to Blogger.
Langkah selanjutnya yaitu merubah setting mobile template. Pada Dashboar blog anda, klik Template kemudian klik icon gear yang ada disebelah kanan lalu pilih No show deskto template on mobile devices. Jika sudah, klik Simpan.

1 Response to "Mendesain Tampilan Template Blog"