Cara Memperbesar RAM Android

 Cara Memperbesar RAM Android

RAM Android adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat Android dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. RAM Android memiliki size yang berbeda beda. Ada yang sizenya 256Mb, 512Mb, 1Gb dan seterusnya. Memiliki RAM dengan kapasitas besar sangat menguntungkan bagi para pengguna Android karna akan terhindar dari yang namanya Lag atau for close (aplikasi keluar sendiri). Jika anda seorang gamers pasti membutuhkan android dengan kapasitas RAM yang besar. Tapi, bagaimana jika RAM Android kita kecil? Apakah RAM Android bisa diperbesar? Tentu saja tidak. Disini kita akan melakukan swap atau partisi. Partisi pada dasarnya adalah menyimpan cache pada sd card untuk menjalankan aplikasi.


Cara Memperbesar RAM Android
Cara Memperbesar RAM Android

Pada kesempatan kali JAWARATRIK akan memberikan tutorial Cara Memperbesar RAM Android atau lebih tepatnya Mempartisi kartu SD Android dengan menggunakan aplikasi Simple Root Swap. Disini saya menggunakan Android yang memiliki RAM yang berkapasitas 512Mb dan ingin memainkan gam GTA SA yang direkomendasikan pada perangkat yang memiliki RAM minimal 1Gb. Saya menggunakan Simple Root Swap dengan Mempartisi kartu SD sebesar 1024 atau 1Gb. Setelah saya partisi, saya bisa memainkan game GTA SA dengan lancar tanpa lag sedikitpun. Adapun syarat yang harus kalian penuhi sebagai berikut.

Syarat melakukan swap atau partisi:


  1. Android sobat harus sudah di Root
  2. Kartu SD berkapasitas 4Gb keatas. Sebenarnya menggunakan kartu sd dengan kapasitas 2Gb pun bisa, namun agar hasil lebih optimal disarankan 4Gb ke atas.


Cara Mempartisi/Swap Menggunakan Simple Root Swap:
  • Buka aplikasi Simple Root Swap kemudian masukan jumlah swap yang kalian inginkan seperti 256, 512 atau 1024 dan seterusnya lalu klik tombol Create.
Cara Memperbesar RAM Android
Cara Memperbesar RAM Android
  • Tunggu sampai prosesnya selesai. Jika ada perijinan supersu klik saja "Allow"
  • Kemudian centang auto start dan klik on
  • Untuk memastikan proses partisinya berhasil, kalian masuk ke file manager dan buka sd card lalu cari file swap seperti gambar di bawah 



Cara Memperbesar RAM Android
Cara Memperbesar RAM Android



Demikian Cara Memperbesar RAM Android atau lebih tepatnya Mempartisi kartu SD.  Jangan lupa untuk terus mengunjungi JAWARATRIK karena akan selalu ada tips & trik terbaru. Terima kasih. 

10 Responses to "Cara Memperbesar RAM Android"

  1. mantap gan, tutorialnya bekerja gan, thanks untuk sharingnya...

    ReplyDelete
  2. kalo untuk cara root nya gimana gan?

    ReplyDelete
  3. Thanks Gan.. Tar di coba. Mampir di blog ku jg ya

    ReplyDelete
  4. ane baru tau kang kalo bisa tambah ram di android :o izin coba kang

    ReplyDelete
  5. mantap triknya, hp saya jd nggak lemot lagi..

    ReplyDelete
  6. Saya masih ragu gan mau coba, itu untuk andriod apa Mas minimalnya....

    ReplyDelete
  7. Beda dengan yang ane bayangin gan. tapi overall makasih.

    ReplyDelete