Cara Membuat Blog

Halo sobat!
Kali ini Buku Turtorial akan mengajak kalian untuk belajar cara membuat blog diblogger. Menurut Wikipedia, Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com . Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010.


Cara Membuat Blog diblogger:



  • Kemudian pilih profile dan anda bisa memilih "Buat profile Google+" atau "Buat profile Blogger terbatas", saya sarankan Anda memilih "Buat profile Google+" agar nantinya postingan blog anda bisa otomatis ter-link ke akun Google+. Setelah memilih profile, ikuti terus langkah-langkah yang muncul di situ dan isilah data-data sesuai dengan data diri anda.


  • Langkah selanjutnya klik "Buat blog" untuk mulai membuat sebuah blog.

  • Kemudian akan muncul tampilan seperti ini

  • Isilah "Judul" dengan judul blog Anda. Tips menulis judul blog yang baik adalah mengisinya dengan kata kunci yang paling menggambarkan isi dari blog Anda, misalnya jika blog Anda berisi informasi-informasi mengenai kesehatan, Anda bisa memberi judul blog Anda dengan "carasehat.blogspot.com" atau "panduansehat.blogspot.com". Sederhana namun mewakili seluruh isi konten blog Anda.
  • Kemudian isilah "Alamat" dengan URL/nama alamat blog yang Anda harapkan. Jika nama alamat URL blog tersedia maka akan muncul tanda checklist, sedangkan jika nama alamat URL blog sudah digunakan orang lain maka akan muncul tanda seru (!), dan Anda harus mencari nama alamat blog yang tersedia. Tips membuat alamat URL blog yang baik yaitu dengan menambahkan kata kunci (keyword) yang ditarget. Misalnya jika topik atau kata kunci yang ditarget adalah tentang "kesehatan" Anda bisa menamai alamat blog menjadi carasehat.blogspot.com atau panduansehat.blogspot.com. Jika seandainya nama blog sudah digunakan orang lain, maka tambahkan sedikit variasi, misalnya jadi cara-sehat.blogspot.com (mengunakan strip) atau jadi carasehat123.blogspot.com (menambahkan angka) atau jadi panduansehat.blogspot.com, dan sebagaianya. Hal ini juga berkalu jika Anda memilih nama domain saat membeli domain berbayar (Top Level Domain).
  • Untuk pilihan "Template", Anda bisa memilih yang mana saja kecuali template "Tampilan Dinamis", menurut pengalaman saya template "Tampilan Dinamis" memiliki kinerja/performance yang kurang baik. Saya sarankan Anda memilih template blog "Simple", "Ethereal" atau template yang lainnya.
  • Jika sudah semua lalu klik "Buat blog".

Sampai disini Anda telah berhasil membuat sebuah blog baru dan Anda tinggal menambahkan postingan.
Demikian Cara Membuat Blog diblogger, jangan lupa untuk terus mengunjungi Buku Turtorial karena akan selalu ada panduan panduan berikutnya. Terima kasih atas kunjungannya dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Blog"

Post a Comment